Minggu, 09 Oktober 2011

IDF 2011: CEO Intel tentang Google, Ultrabook, dan McAfee

Paul Otellini (CEO Intel Corp.) menjadi pusat perhatian di panggung Intel Developers Forum (IDF) 2011 di San Francisco hari pertama, Selasa (12/9). Dalam pidatonya, ia memaparkan tentang Google, Ultrabook, dan McAfee.
"Komputasi selalu berada dalam evolusi, dari perangkat klien hingga komputasi cloud," kata Otellini yang tercantum dalam sebuah keterangan pers.
Menyikapi hal ini, ia menegaskan komitmen Intel berinovasi dan bekerjasama dengan para mitra untuk menghadirkan pengalaman komputasi yang lebih mobile, aman dan mulus.
Seperti telah diberitakan kemarin, Otellini mengulas rencana kerja sama Intel dan Google dalam rangka mengakselerasi bisnis ponsel cerdas. Caranya dengan membangun produk berbasis Intel Atom yang menjalankan platform Android.
"Kolaborasi kami dengan Google akan membawa kemampuan baru yang hebat guna membantu mempercepat inovasi, adopsi, dan jumlah pilihan di industri ini," kata Otellini.
Pengumuman hari ini dibangun berdasarkan inisiatif kerjasama kedua perusahaan untuk mengaktifkan arsitektur Intel pada produk Google. Inisiatif bersama ini mencakup Chrome OS, Google TV, dan Android Software Development Kit (SDK) serta Native Development Kit (NDK).
Selanjutnya, Otellini mengungkapkan roadmap Intel mengenai Ultrabook, alat komputasi yang lebih ringan dan ramping dibandingkan produk-produk yang ada saat ini. Beberapa vendor yang sudah digandeng antara lain Acer, Lenovo, dan Toshiba.
“Para teknisi [Intel] akan mempercepat inovasi Ultrabook dengan memanfaatkan teknologi Intel "Ivy Bridge" 22nm pada awal tahun depan dengan dukungan transistor revolusioner Intel 3-D Tri-gate,” ungkap Otellini.
Ia juga menggambarkan kelas baru pada platform manajemen daya yang sedang dikembangkan untuk produk Ultrabook berbasis "Haswell" pada tahun 2013. Platform ini diharapkan mampu mengurangi daya idle hingga lebih dari 20 kali serta mampu menghadirkan daya tahan standby lebih dari 10 hari.
Lebih jauh ke masa depan, para peneliti di Intel saat ini telah menciptakan sebuah chip yang memungkinkan sebuah komputer untuk hidup hanya dari sebuah sel surya seukuran perangko, disebut dengan “Near Threshold Voltage Core”.
Kemudian, turut bergabung di panggung bersama Otellini adalah Candace Worley (Senior VP and GM, Endpoint Security, McAfee). Mereka memperkenalkan  platform teknologi McAfee DeepSAFE baru yang dapat memanfaatkan kemampuan perangkat keras yang ada pada Intel Core i3, i5, dan i7. Teknologi ini akan meluncur bersama produk McAfee untuk Enterprise pada akhir tahun ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar