Pasalnya, sejak maraknya keluhan
pelanggan terkait layanan SMS Premium tersebut, hingga saat keluhan pelanggan
tentang hal ini telah turun kurang lebih sebesar 400 persen.
Untuk menghindari
masalah tersebut, Indosat pun telah melakukan beberapa cara, seperti di bawah ini:
- Mengimplementasikan
konfirmasi 2 tingkat dimana sebelum berlangganan pelanggan akan ditanya ulang
apakah pelanggan yakin akan berlangganan layanan bersangkutan.
- Memberlakukan
single key "STOP" untuk melakukan Unreg atau menghentikan layanan
bersangkutan.
- Menerapkan
Single Short Code untuk berhenti layanan
- Melakukan audit
data dari CP secara berkala
- Melakukan
mekanisme kontrol sehingga trafik yang dikirim melalui Content Provider (CP)
akan selalu melalui Indosat dan dicek keabsahan dari nomor tersebut
- Mengimplementasikan
sistem denda dan sanksi bagi CP yang layanannya mendapat komplain dari
pelanggan dalam batas jumlah tertentu.
“Sebagai perusahaan yang menerapkan
tata kelola perusahaan yang baik (good corporate governance), Indosat
menaati ketentuan dan peraturan perundangan yang berlaku, berkomitmen
menghindari praktek-praktek bisnis yang tidak sehat yang berpotensi merugikan
pelanggan dalam bentuk apapun, melalui berbagai upaya penyempurnaan baik yang
bersifat preventif maupun memberi solusi terbaik,” tukas Sumantri Joko Yuwono (Group
Head Product Development & Management Indosat).
Tidak ada komentar:
Posting Komentar